OpenOffice Slackware12


aoooo…

gw mau berbagi cerita neh,,gw kan masih cupu di dunia perlinuxan,terus linux yg pertama kale gw pegang tu RedHat9,tp sekarang gw dah gnti ke Slackware,cz lebih sreg ja buat pemula kayak gw..hehe..sebenrnye gw males banget pke linux,cz ribet bgt!!mau seting jaringan ja susah,mau denger lagu susah,mau nonton pilm susah,ampe mau ngetik buat documen ja susah..hix3. Wah tp,setelah gw paksa2in pke linux,akhirnye gw mulai seneng jg pke linux,pdhl kan ribet bgt!!

nah gw mau cerita neh pengalamn gw,gmn seh mau ngetik ja ribet bgt,,harus install ini itu..tp gak maslah,pertama2 emang gtu klo kita mau migrasi ke linux,,skrg gw mau share sedikit neh gmn seh kita nginstall Openoffice di slackware12,y klo di windows tu kyk microsoft word gtu,,hehe,,mngkn da yg blom tau di slackware blom da OpenOfficenya lho!!mknya kita harus install dulu..

1.tentunya loe harus download dulu dunk installer OpenOffice-nye,klo pnya gw ini neh : OOo_2.4.0_LinuxIntel_install_en-US.tar.gz silakan googling ndiri ye buat nyari tuh installer..hehe..

2.Nah kalo dah gtu ekstrak tuh installer caranya : tar -xzvf OOo_2.4.0_LinuxIntel_install_en-US.tar.gz

3.masuk ke folder yg telah diekstrak td : cd OOH680_m12_native_packed-1_en-US.9286

4.kalo dah,masuk ke folder RPMS : cd RPMS/

5.Naah,itu tuh installer open office yg sebenarnya (ribet bgt kan!!),klo mau install yg semuanya mksudnya bs word,ppt,excel,dll. itu pilih installer yang ini : openoffice.org-base-2.4.0-9286.i586.rpm

6.kalo udah coba ketikin : rpm2tgz openoffice.org-base-2.4.0-9286.i586.rpm perintah itu digunakan untuk merubah paketan rpm menjadi tgz.

7.kalo udah lagi,maka akan terbentuk file baru seperti ini : openoffice.org-base-2.4.0-9286.i586.tgz ,kalo dah ada file ini nih maka ketikkan lagi : installpkg openoffice.org-base-2.4.0-9286.i586.tgz

8.nah tguu proses instalasi selesai..sabar yak..mang ribet gni,gw ja males bgt,mending windows lah is the best!!hehe..

9.nah kalo udah,sekarang loe coba masuk ke direktori desktop-integration terus pilih file ini openoffice.org-freedesktop-menus-2.4-9268.noarch.rpm dan ketikkan lagi

rpm2tgz openoffice.org-freedesktop-menus-2.4-9268.noarch.rpm

10.klo dah lagi, installpkg jalanin lagi : installpkg openoffice.org-freedesktop-menus-2.4-9268.noarch.tgz

11.tggu lagi instalasi openofficenya,sabar yak..

12.nah kalo udah instalasinya bener tinggal km ketikin gni nih : /opt/openoffice.org2.0/program/soffice

13.taraaaaa,,keluarlah openofficenya..hehe..

ribet kan nginstallnya,gak kayak windows,,hix3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: