BiKin LiveUSB HarDy HeRoN


aaooo…

gw mau sharing pengalaman ne dengan ubuntu baru gw..hehe.Mungkin ini sepele yak,tp seperti biasa gw harus dokumentasiin yg dah gw lakuin biar gak lupa ntar..hehe.Nah,gw mau curhat ne tentang LiveUSB,,

LiveUSB sebenernye sama persis kok ama LiveCD,cm beda media boot aja. Jadi bagi loe semua yg gak punya CD-ROM di kompi loe,loe bisa bikin alternatif ne pake USB..disini seh gw pake flashdisk murah kok yaitu Kingston yg 1 giga doank,cukup lah buat nampung installer Ubuntu 8.04 punyakoe..Nah,langkah2nye gni neh :

1. Jelas Berdoa dolo…

2. Silahkan Loe download syslinux disini (download yg terbaru yak!!) gunanya buat pengaturannya booting tuh..kalo salah maap yak..hehe.

3. Ekstrak file .iso dari installer Ubuntu 8.04 loe,kalo belom silahkan bikin jadi iso dolo..ekstraknya ke dalam USB yak,tapi ntar lemot bgt,jadi kalo gw seh gw ekstrak dolo ke harddisk baru hasil ekstrakannya gw copy ke USB gw..

4. Terus pindahkan file isolinux.cfg dari folder isolinux ke RootUSB (bukan folder). Loe lihar gambar deh kalo susah..

5. Trus Loe ganti deh nama isolinux.cfg yg dah dipindah td diganti dengan nama syslinux.cfg

6. Nah kalo udah, silahkan loe ekstrak file syslinux yang telah loe download tadi ke sembarang folder di dalam kompi loe..kalo udah silahkan loe masuk ke command prompt (tau kan cara masuknya gmn?!!hehehe) terus loe masuk ke dalam hasil ekstrakan loe td,kalo udah loe masuk lagi ke dalam folder win32,,loe cari deh yg da file syslinux.exe..kalo udah loe ketik ini neh : syslinux.exe -sfmar <letak_usb_loe> lalu ketik enter deh kalo udah ..

Nah,kalo udah selese,silahkan loe cobain deh live USB Ubuntu loe..tapi inget ubah dulu settingan bootingnya melalui USB..selamat mencoba..sekali lagi kalo gagal jgn salahin aq yak..

5 Responses to BiKin LiveUSB HarDy HeRoN

  1. somphil says:

    wew….. hahah, nah yang ini harus dicoba,
    sekalian remasteringnya atuh mas… hehehhehe

  2. phikang says:

    wokeh deh phil,ntar tak bikin,,

    mau remastering kayak gmn mangnya phil??

  3. enggar says:

    Thanks, Phikang. I’ll try.

  4. adi says:

    apakah isi flash disknya selain berisi file syslinux.exe apa bisa misalnya ada mp3, dokumen, filem, dll ?????

  5. adi says:

    tolong di balas kirim email ke adidark@ymail.com

Leave a Reply

