InsTall DriVer NviDiA GeForCe di FreeBSD-koe


allo mas2..mbak2..

kemaren gw ngoprek distro setan yg namanya FreeBSD..gw kayaknya dah terobsesi bgt ma UNIX yg satu ini..Untuk sementara Blankon gw tinggalin dulu..hehehe..kemaren gw ada masalah neh dengan VGA GeForce FX 5200 punyakoe..terus aq cari2 neh msalahnya,ternyata VGA gw blom kedetek,cz gw rencananya mw pake X windows di Free BSD gw (biar gak item putih doank..wakakaka)…langsung ja yak cara install driver VGA gw…heheh

1. Tentu saja apa?? (*dengan serempak menjawab “berdoa dolooooo….”)

2. Setelah ntu loe coba temuin tuh jjenis driver yg cocok buat VGA loe di sini neh…

3. Kalo punya gw drivernya ini neh, NVIDIA-FreeBSD-x86-173.14.12.tar.gz

4. Kalo udah loe ekstrak n loe compile dah tuh driver :

# tar -xzf NVIDIA-FreeBSD-x86-173.14.12.tar.gz
# cd NVIDIA-FreeBSD-x86-173.14.12
# make install

5. Kalo udah kemudian coba jalanin :

# nvidia-xconfig –> auto-deteksi konfigurasi X agar menggunakan driver Nvidia
Cek perubahan di /etc/X11/xorg.conf

6. Aktifin driver saat boot dengan meng-edit /boot/loader.conf. Tambahkan baris:

nvidia_load=”YES” –> kemudian restart X

7. Kalo ada error di Log X loe atau di dmesg,kemungkinannya driver NVidia konflik dengan driver AGP FreeBSD, untuk mematikannya, loe edit /boot/defaults/loader.conf

agp_load=”NO”

Taraaa…akhirnya instalasi driver VGA gw selesai..untuk ngecek apakah dah keinstall tuh driver,coba loe reboot FreeBSD loe,terus pas waktu startup pake X windows akan muncul lambang dari NVIDIA,kalo muncul berarti dah keinstall…hehehehe..

Kalo misalnya blom y berarti blom bener nginstallnya…wakakaka…hehe22

oiya agar lebih percaya,neh gw tunjukin screenshut FreeBSD gw..(pamer dikit..wakakaka)

freebsd

3 Responses to InsTall DriVer NviDiA GeForCe di FreeBSD-koe

  1. Wirasto S. Karim says:

    Salam Kenal,

    Tampilan Desktopnya cantik🙂

    • danphi says:

      makasih..
      lumayan kan FreeBSD rasa MAC OS X..:))

  2. isnandar,s.pd says:

    assalamu alaikum,aku ada masalah dengan Pc ku acer aspire 4720z,aku tidak bisa menginstall nvidia vga ?

Leave a Reply

