MAC address Allowing in Squid FreeBSD 7


Allo Prenz…

gw mau sharing2 pengalaman gw neh..kali ini gw lagi demen ma yg namanya FreeBSD…q oprek2 lah tuh freeBSD..Nah,kale ini gw pingin nyoba share ilmu neh tentang konfigurasi acces list untuk Squid di FreeBSD 7…hehe.

Gw pingin nyoba buat access list berdasarkan MAC address komputer..jadi yg bisa ngenet nglewatin proxy gw,harus mendaftarkan MAC address mereka..hehehe..

Okeh..langsung saja..sebenernya cm di tambahin dikit aja di settingan squid.conf-nya..

1. Loe harus install dulu FreeBSDnya tentunya…hehehe.:))

2. Loe install Squidnya..caranya lewat ports aja..(FreeBSD it so sexy…:)))

#cd /usr/ports/www/squid/

#make install clean

Nah,loe jangan mpe lupa tu pilih yg SQUID_ARP_ACL soalnya ntu yg akan kita pakai ntar..okey..

3. Klo udah,silahkan loe edit file squid.conf yg ada di /usr/local/etc/squid/

#pico /usr/local/etc/squid/squid.conf

4. Kalo udah loe tambahin deh kek gini buat masing-masing MAC address yg bisa ngenet nglewatin proxy..Misalnya neh kyak gni :

acl lokal1 arp 00:0b:6a:7b:51:b7  #danphi
acl lokal2 arp 00:1D:72:20:87:b4  #Bayu
acl lokal3 arp 00:1a:4d:80:02:5d  #Udin
acl lokal4 arp 00:30:18:a7:6b:04  #sompil

http_access allow lokal1
never_direct allow lokal1
http_access allow lokal2
never_direct allow lokal2
http_access allow lokal3
never_direct allow lokal3
http_access allow lokal4
never_direct allow lokal4

5. Penjelasannya kek gini :

acl <nama_acl> arp MAC ADDRESS

http_access allow <nama_acl>

6. Kalo udah loe restart deh squid loe atau loe reboot aja server kamu…hehehe.

#/usr/local/etc/rc.d/squid restart

#squid -k reconfigure

#reboot

Nah sekarang loe cobain deh browsing menggunakan MAC addres yg telah di-add di acl pasti bisa jalan..sedangkan MAC address yg tidak ada di acl tidak akan bisa browsing…

Gampang bukan caranya…selamat mencoba…hehe2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: