HyperTerminal in My Linux


Allo bRow..

Kemaren gw mau mencoba mensetting perangkat yg ada ditempat gw,tp ternyata untuk setting itu makenya port COM yg kyak hyperterminal di windows. Nah gw kan pake Linux,trus setelah search di google nemu deh akhirnya program yg hampir sama kayak hyperterminal yaitu MiniCom. Langsung Ja deh gw tunjukin gmn instalasi n makenya..hehehe..

1. Kamu install dulu minicomnya :

sudo apt-get install minicom

2. Buka terminal kamu dan ketik : minicom -o -s

#minicom -o -s

3. Maka akan keluar seperti menu di bawah ini :

┌─────[configuration]──────┐
│ Filenames and paths              │
│ File transfer protocols            │
│ Serial port setup                    │
│ Modem and dialing               │
│ Screen and keyboard             │
│ Save setup as dfl                   │
│ Save setup as..                      │
│ Exit                                       │
│ Exit from Minicom                │
└──────────────────────────┘

4. Pilih Serial port setup untuk setup serial komputer kita dan keluar

┌─────────────────────────────────────────┐
│ A – Serial Device : /dev/ttyS0                                                │
│ B – Lockfile Location : /var/lock                                            │
│ C – Callin Program :                                                              │
│ D – Callout Program :                                                            │
│ E – Bps/Par/Bits : 9600 8N1                                                  │
│ F – Hardware Flow Control : Yes                                            │
│ G – Software Flow Control : No                                              │
│ Change which setting?                                                          │
└─────────────────────────────────────────┘

5. Pilih A untuk mengubah serial Device, Kebetulan gw menggunakan serial com1 atau com2 maka gunakan /dev/ttyS0 atau /dev/ttyS1, atau kalo untuk USB bisa menggunakan /dev/ttyusb0

6. Pilih E untuk memilih speed koneksi, biasanya 9600 & 8N1 di sub menu.

7. Setelah di enter, kembali kemenu konfigurasi pertama pilih save setup as df1.

Wokeh, untuk menu yg laen baca ndiri yak di manualnya minicom ato ketik man minicom di terminal kamu…:D

Okeh sekarang kita bisa gunakan dengan mengetikkan di terminal kmu seperti ini :

minicom -o

Kalo misalnya menjalankan berdasarkan nama Konsole, maka settingan tdi harus disimpan melalui menu save setup as kemudian kita beri nama misal router. Maka nanati di terminal kamu bisa ketik perintah seperti ini :

minicom -o router

Okeh Brow..gitu aja kayaknya sharing dari gw,semoga bermanfaat ya bro..hehehe..

Selamat mencoba…

Advertisements

ARP PoiSoning MenGgaGalkan DownLoadku…hix3.


Allo Broo..

Gw lagi rajin-rajinnya neh blogging…hehe.. Gw kesel bgt kemaren malem,coz da yg maen2 ARP poisoning yg ganggu jaringan bgt…hix3. Gw kena imbasnya,lagi asik2 download,eeeehh jadi keputus gara2 da yg spoofing punya gw,padahal tinggal dikit tuh downloadan gw..hix3. Mungkin da yg blom tau yak apa seh ARP..Gw cm mau sharing dikit aja,ne gw ambil dari wiki..hehehe..

ARP adalah singkatan dari Address Resolution Protocol yang dalam istilah komputer networking nya adalah sebuah metode untuk menemukan suatu host pada sebuah jaringan yang menterjemahkan sebuah logical address ( IP = internet Protocol )  kedalam sebuah Hardware Address atau lebih dikenal dengan MAC ( Media Access Control ) Address untuk mendukung  komunikasi di dalam sebuah jaringan. Jadi dengan adanya protocol tersebut setiap Hardware yang ada dalam sebuah jaringan (Ethernet Card) dapat berkomunikasi satu sama lain.

Nah,ntu  penjelasan singkat ttg ARP..Lha trus apa ARP poisoning??

ARP poisoning atau lebih keren disebut dengan ARP spoofing adalah sebuah teknik  penyerangan jaringan yang digunakan untuk mengacaukan jaringan atau sebuah routing didalam jaringan.  Nah,trus orang yang melakukan ARP  spoofing dapat mengintip data frame dalam sebuah jaringan, memanipulasi traffic, atau memberhentikan traffic atau routing. Biasanya seh orang yg nglakuin ARP Spoofing pingin tau tentang komputer kita,misalnya password VPN kita ato pesan2 yg kita kirim di jaringan…

Masih bingung neh gw ilustrasiin..hehehe

picture1

Nah, Gambar diatas ngejelasin gmn ARP Spoofer bekerja..Jadi gini,pertama-tama ada hubungan komunikasi antara Client POP dan POP server,Kemudian datang attacker yg melakukan Spoofing untuk menipu Client POP,cara yg dilakukan adalah dengan Teknik ARP Spoofing yg telah gw jelasin tadi,si Attacker membuat dirinya seolah-olah menjadi POP server yaitu dengan memanipulasi MAC addressnya menjadi sama dengan MAC address POP server.. Nah,kalo udah kyak gini si ClientPOP tidak akan menyadari bahwa sebenernya dia tidak berkomunikasi dengan POP server melainkan dengan Attacker yg menyamar menjadi POP server.. Gmn??bahaya bgt bukan??

Lalu gimana neh caranya mencegah atau usaha apa yang bisa dilakukan agar tidak terpengaruh ARP poisoning ini?

salah satu caranya adalah dengan men set arp static pada komputer
Kalo di windows loe ketikin di Command Promt kayak gini neh :

arp  -s  10.14.200.1  00-00-cd-25-fe-e0 –> mac sesuai IP nya

Kalo loe pake Linux,coabain di konsolemu kyak gini :

arp -s  10.14.200.1  00:00:cd:25:fe:e0

jika banyak host yang mau di set di linux bisa dengan cara membuat file list  ether dan IP :

/home/ethers

10.14.200.1  00-00-cd-25-fe-e0

10.14.200.67  00-1f-d0-52-a0-2f

10.14.200.30  00-1d-92-f5-02-51

kemudian loe jalanin perintah kyak gni :

arp -f /etc/ethers

Nah,gitu bro cara yg gw pakai buat nyegah ARP poisoning ke gw..Selama carantu ampuh seh masih gw pakai,tapi kalo cara yg laen gw blom tau bro..hehehe..:))

Mungkin ada beberapa tools pendukung buat tau da ARP poisoning or ga:
1. arpwatch
2. tcpdump
3.wireshark

Source : http://www.en.wikipedia.org/wiki/ARP_poisoning

InStaLL BackTrack4 Beta in HarDisk..


Allo preenzz…

Waktu browsing-browsing di internet,gw tanpa sengaja membaca artikel tentang backtrack yg baru rilis yaitu Backtrack4.. Setelah aq baca2 ternyata Backtrack4 ini masih Beta belum Final.. Karena penasaran dengan distro ini akhirnya q mencoba install ke Hardisk gw n mulai ngulak-ngulik.. Setelah beberapa ngutak-atik,q merasa da yg aneh ma Backtrack4 ini,dan ternyata benar,yaitu BackTrack4 dah tidak lagi menjadi turunan dari Slax(Slackware) akan tetapi Mrupakan turunan dari Debian.. wah makin penasaran aja aq ma Backtrack4 ini…

Bagi yg penasaran ma BackTrack4  bisa langsung install n ngulik2..hehehe.. gw mau coba sharing neh gmn instalasi BackTrack4 ke hardisk,cz beda bgt ma linux kek biasanya yg telah terinstall di hardisk gw..

1. Berdoa dolo tentunya..hehehe..:))

2. Buat partisi buat BackTrack4

3. Kalo udah silahkan loe Booting CD Backtrack4Beta ke komputer dan login username/password:root/toor

4. Klo udah coba ketik “cfdisk” dan loe lihat apakah ada partisi linux,kalo belum silahkan dibuat. Misalkan kita buat partisi Linux di /dev/hda2 seperti yg ada di komputerku buat tempat Backtracknya.

5. Kalo udah ikutin perintah dibawah ini :

  • root@bt:~# mkreiserfs /dev/sda3
  • root@bt:~# mkdir /mnt/backtrack4
  • root@bt:~# mount /dev/sda3 /mnt/backtrack4/
  • root@bt:~# cp –preserve -R /{bin,dev,home,pentest,root,usr,boot,etc,lib,opt, sbin,var} /mnt/backtrack4/
  • root@bt:~# mkdir /mnt/backtrack4/{mnt,tmp,proc,sys}
  • root@bt:~# chmod 1777 /mnt/backtrack4/tmp/
  • root@bt:~# mount -t proc proc /mnt/backtrack4/proc
  • root@bt:~# mount -o bind /dev /mnt/backtrack4/dev/
  • root@bt:~# chroot /mnt/bt/ /bin/bash

6. Nah,Kalo udah sekarang loe seting lilonya biar bisa booting, seperti ini neh punya gw :

root@bt:~#nano /etc/lilo.conf

boot=/dev/hda
root=/dev/hda2

# bitmap=/boot/sarge.bmp
# bmp-colors=1,,0,2,,0
# bmp-table=120p,173p,1,15,17
# bmp-timer=254p,432p,1,0,0
# install=bmp

# delay=20

prompt
timeout=50

# map=/boot/map

vga=0x317

image=/boot/vmlinuz
label=”BackTrack4″
read-only
initrd=/boot/splash.initrd
append=quiet

#WINDOWS BOOT
other = /dev/sda1
label = Windows
table = /dev/sda

7. Apply Lilo dengan mengetikkan : lilo -v

Kalo udah loe simpen trus loe reboot deh komputer loe..dan rasakan WiFU Backtrack4…ngakak3

Nah,skarang gw tunjukkin Snapshotnya BackTrack4 di Komputer gw…Keren gak WiFU-nya?? :))

snapshot4

Source : http://wilsonsihombing.6te.net

Perang Desktop…


Alloo prenz..

Kemaren malem ketika aq lagi enak-enak ngerjain tugas,tiba ada temen gw yg asik ngutak-atik desktop linux nya…trus ada temenku lagi yg ngutak-atik jga,sampe akhirnya ada 3 anak yaitu mail,sompil,dan bayu yg pada nguta-atik desktop komputer mereka..

Tiba-tiba ada yg nyeletuk “gmn klo kita ngadain perang desktop..”

pada  bengong setelah denger ntu..gw jg yg denger ntu merasa tertantang..dan akhirnya kita berempat melakukan perang bintang,yaitu saling mempercantik desktop masing-masing n secara kebetulan kita semua emang penggemar Linux..soalnya kalo wind*** mana bisa di utak-atik sesuai kemauan…hihihihi..

Nah,perang desktop td malem dilakukan pengoprekan desktop mpe jam 9 malam,trus hasil dari desktopnya akan di upload ke fesbuk n masing-masing anak di tag ke dalam poto tersebut…hihii..aneh2 aja…tp karena gw tertantang oleh mereka2 neh..hehehe..

Dari kita berempat,cm mail yg bermasalah ma komputernya,coz komputernya kagak bisa 3D,secara dia masih pake VGA VIA Unichrome jaman kapan gitu…wakakaka..kasian bgt loe il…hehehe…

Oiya dari pada cm ngomoong doank,neh gw uploadin desktop2 gw..minta komentarnya yak kalo bisa bagus or nggak nya…hihihihii….

Screenshot Screenshot3 Screenshot-1

salju desktop0

yo dipilih2 mau desktop yg gimana??ngakak3

AboUt GnoMe dan KDE LinUx


Allo mas2 dan mbak2…

hasrat gw buat ngeblog muncul lgi neh,,hehehe. Kalo kalian penggemar linux,pasti dah gak asing lagi kan dengan istilah Gnome ataupun KDE?? Saat ini, Gnome dan KDE merupakan X-windows terfavorit bagi kebanyakan pengguna linux.. Nah,bagi gw yg masih newbi didunia perlinuxan,gw pingin tau beda Gnome dan KDE ntu…

Oiya bagi yg blom tau Gnome atau  KDE ntu apa seh??

Nah Menurut gw KDE dan GNOME merupakan suatu GUI (graphical user interface) atau desktop environtment (lingkungan desktop) yang memudahkan user untuk bisa mengakses aplikasi di linux. Sebenarnya  seh GUI itu tidak hanya KDE dan GNOME saja yang ada, tapi ada juga yang namanya IceWM,XFCE,Blackbox,dan Fluxbox,dll. (wuih banyak bgt yak…kereeennn…horee).

Jadi dengan menggunakan GUI ntu si user linux tinggal klak-klik aja sana sni..(enakan linux….hehehe).

oiya,PERLU diingat bahwa GUI pada linux (yaitu KDE,GNOME dll) berbeda dengan sistem operasi W ND***. Kalau di wind***, GUInya termasuk sistem utama. AKibatnya ketika GUI pada wind*** crash, maka sistem utama juga akan ikut crash. Berbeda dg linux, dimana GUInya berjalan di atas sistem X-window. Jadi ketika GUI atau Xwindownya crash, sistem utamanya tidak ikut crash. solusinya cukup restart aja lingkungan X-windownya…hehehe..(lebih keren kan linux…horee)

Dengan kata lain GUI pada linux bukanlah sistem, melainkan aplikasi grafis yang berjalan di atas sistem. Kita anggap saja X-window adalah CelanaDalem, sedangkan sistem utama adalah orang. Ktika CelanaDalem robek tentu kita tidak perlu menjahit orangnya tetapi CelanaDalemnya yang kita jahit, atau ganti dg CelanaDalem yang lain. SELESAI PERMASALAHAN! ngakak3

Sebenarnya X-window adalah kumpulan bagian yang bekerjasama untuk menampilkan GUI, bagian2 tersebut adalah :

1. Dasar sistem window, program yang menyediakan layanan untuk sistem X-window
2. X network protocol, protokol yang digunakan untuk berkomunikasi lewat jaringan
3. Xlib, interface tingkat rendah. Bagian utama yang mengimplementasikan X Netwotk protocol antara sistem jaringan dengan program-program tingkat tinggi
4. Window manager, menghubungkan ketiga bagian di atas. WIndow manager adalah aplikasi X yang berfungsi untuk mengatur bagaimana window ditampilkan kepada pengguna.

Penjelasan KDE : (menurut yg prnah gw baca..hehe)

KDE (K Desktop Environment) adalah lingkungan desktop (desktop environment) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech. KDE berjalan pada banyak ragam sistem Unix, termasuk Linux, BSD, dan Solaris. Terdapat pula versi KDE untuk Mac OS X dengan bantuan lapisan X11 dan untuk Microsoft Windows dengan bantuan Cygwin.

Huruf “K” mulanya adalah untuk “Kool”, tetapi selanjutnya diganti menjadi “K” saja, yang berarti “Aksara pertama sebelum ‘L’ (untuk Linux) dalam alfabet Latin.

Maskot dari proyek KDE adalah naga hijau bernama Konqi. Konqi dapat dijumpai di berbagai aplikasi, termasuk tatkala user hendak log out dan pada layar “Tentang KDE”

Penjelasan Gnome : (menurut yg gw baca juga…hehehe)

GNOME adalah desktop resmi dari GNOME Project dan pengucapan yang benar adalah /gəˈnəʊm/. Nama ini diciptakan sebagai akronim dari GNU Network Object Model Environment, tapi penggunaan ini sekarang dianggap kuno.

Banyak software diciptakan di bawah bendera proyek GNOME, dan sebagian di antaranya dikeluarkan sebagai The GNOME Desktop. Desktop ini kemudian digabungkan dengan software lain (seperti kernel) untuk menciptakan sebuah sistem yang lengkap, seperti distribusi GNU/Linux atau Solaris dari Sun Microsystems.

Perbedaan KDE dan Gnome :

1. KDE berorientasi pada tampilan grafis shg tampilannya lebih cantik daripada GNOME yang tidak terlalu “menaruh perhatian besar pada tampilan walaupun juga tidak mengabaikannya sama sekali
2. GNOME lebih irit memori daripada KDE, sehingga performa GNOME relatif lebih cepat daripada KDE (ini mungkin krn GNOME tidak berorientasi pada grafis tetapi lebih kepada penghematan memori). Kalo misalnya tidak percaya silahkan aja loe coba sendiri performansi Gnome maupun KDE.

Kalo menurut gw seh masing-masing X-windows baek KDE atau Gnome atau yg laen itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing..tergantung qt mau memakai yg mana. Kalo gw pribadi seh waktu jaman Pke Slackware atau RedHat dolo gw lebih suka pake KDE (cz dah bawaanya seh…hehehe). Tp skrg saat pake Blankon atau FreeBSD gw lebih suka menggunakan Gnome sebgai X-windowsnya..hehehe.

Biar lebih tau bedanya neh gw masukin screenshot Gnome ma KDE..hehehe..

Gnome

gnome

Dan ini KDE4

shot-kde4-01

Nah,Silahkan mau pilih yg mana?? KDE ato Gnome??..ngakak3

InStaLaSi DisTro VoIP Briker 1.0.2


alloooo..

wah dah lama bgt neh gw gak nge-blog lagi..hehehe. Gw skrg mau sharing2 lagi neh tentang distro VoIP yang baru karya anak bangsa..cmiiiww..

Briker 1.0.2 merupakan distro voip yg baru buatan anak negeri, fitur2nya lebih baik dari distro voip luar negeri seperti Trixbox, elastix, maupun freePBX.. Nah, utk keterangan lebih lanjut silahkan masuk kesini http://www.briker.org / 🙂

Nah,kalo dah jelas baca2nya disitu,mari qt lakukan instalasi distro VoIP ini
begini nih caranya :

1. berdoa..baca bismillah..hehehe..

2. terus download distro Briker gratis disini http://www.briker.org/download

3. oiya yang perlu diingat adalah siapkan hardisk kosong karena distro ini akan memakan semua isi hardisk anda pada saat instalasi..ingaaaattt…

4. kalo sudah siap,silahkan loe booting tuh cd..

5. Terus kalo dah kluar menu instalasi silahkan loe ketik : “install

6. Terus loe tungguin deh instalasinya mpe slese,paling2 setengah jam..

7. Kalo udah loe login pake default dari Briker yaitu :

username : support

password : Briker

8. Maka Taraaaaaa….loe telah berhasil melakukan instalasi..

Gimana gampang kan instalasi distro voip buatan anak negeri sendiri??hehehe..

y udah selamat mencoba…:))

belajar JarinGan Linux


AAoooo…

lagi2 gw muncul nihh,dengan membawa linux slackware12 yg ribet abiiizz..wkwk..

nah kalo kemaren2 kan gw dah bahas tuh gmn ribetnya install openoffice,wong mau ngetik ja susah..kali ini akan gw bahas satu hal yg gak kalah ribetnya dalam kita memakai linux (mending pke windows aje yeee..) yaitu gmn seh setting jaringan di linux..gni nih caranya :

1. gw kan tunjukin gmn setting IP di linux (gw pke slackware..) :

#ifconfig [eternet][spasi][ip_anda][spasi][netmask][spasi][broad_cast]

#ifconfig eth0 192.168.123.35 netmask 255.255.255.0

2 terus kalo untuk aktipin tinggal nambahin up atau down ja di akhir perintah..

#ifconfig eth0 192.168.123.35 netmask 255.255.255.0 up

3. Nah terus kalo di tempat loe ada gateway-nya perintah buat gateway like this:

#route[spasi]add[spasi]default[spasi]gateway[spasi]ip_gateway

#route add default gateway 192.168.123.1

4. Oiya kalo mau permanen artinya setiap kali booting IP kita tetep km tambahin ja di /etc/init.d/boot.local atau di /etc/rc.d/rc.local

5. nah kalo dah ke setting semua silakan ping agar tau apakah kita telah terhubung dengan jaringan :

#ping 192.168.123.1

6. Nah selamat terhubung dengan jaringan yaaaa….oiya selamat berpusing2 ria menggunakan linux,kalo masih bisa pake windows mending pake windows aja deeh,cz capek kalo pake linux…hehe…